INDONESIA

INDONESIA

WOSM

WOSM

Gerakan Pramuka

Gerakan Pramuka
SMA N 1 SLAWI

Ambalan Gajahmada

Ambalan Gajahmada
Gugus Depan 08.109

Ambalan Nyi Ageng Serang

Ambalan Nyi Ageng Serang
Gugus Depan 08.110

Popular posts

About

Unknown On Selasa, 26 Agustus 2014


Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah mengesahkan Keputusan tentang Petunjuk Penyelenggaraan Seragam Pramuka nomor : 174 tahun 2013 yang didalamnya berisi tentang Hasduk/Setangan Leher bagi Pramuka Putra dan Pramuka Putri. Berdasarkan SK tersebut, Pramuka Putra dan Pramuka Putri memakai satu Hasduk berupa setangan leher (hasduk putra) dan pita leher yang selama ini dipakai oleh Pramuka Putri dinyatakan tidak berlaku lagi.
Nama “Hasduk” yang merupakan sebutan lain dari setangan leher bagi Pramuka Putra atau pita leher bagi Pramuka Putri merupakan kelengkapan seragam pramuka. Hasduk ini tidak saja menunjukkan ciri khas kepanduan (scouts) namun juga sebagai identitas negara asal anggota kepanduan tersebut karena hasduk yang dipakai merupakan lambang bendera negara masing-masing.
Di Indonesia Hasduk memiliki beberapa fungsi antara lain sebagai lambang pemersatu bangsa, mengingat Indonesia terdiri banyak pulau, bahasa daerah, etnik, agama dan kesukuan, maka Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang memiliki prinsip dasar tetang NKRI memerlukan alat pendidikan tentang nasionalisme sebagai pemersatu yaitu setangan leher “merah putih”. Fungsi lain dari hasduk adalah sebagai alat kelengkapan medis karena bisa digunakan P3K manakala ada patah tulang yang memerlukan pembidaian.



Created by
Mohammad Zacki Pratama

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments